Sayit witha Article

Blog Sayit witha

Kondisi tubuh yang tampak pada kita bisa sangat menentukan kondisi kesehatan tubuh. Hal ini termasuk sejumlah hal bahkan pada bau badan.

Bau badan yang muncul dari tubuh kita ini bisa sangat berbeda-beda. Kadang kita merasa bau badan yang muncul sangat kuat dan menyengat, namun kadang bau badan yang muncul ini tidak begitu terasa.

Berbagai perbedaan bau badan yang muncul ini bisa sangat tergantung dari kondisi kesehatan seseorang. Dilansir dari The Healthy, berikut berbagai macam masalah kesehatan yang bisa ditandai dari bau badan yang muncul di tubuhmu.

  1. Badan Berbau Amis

Ketika badan berbau amis, kamu mungkin mengalami penyakit metabolik bernama trimethylaminuria. Kondisi ini berarti tubuh kesulitan untuk mencerna sejumlah senyawa pada makanan kaya protein. Bau badan amis ini keluar dari keringat, urin, dan napas setelah mengonsumsi ikan, telur, sayur, serta polong-polongan.

Aroma Tak Sedap Bau Badan yang Muncul

      2. Badan Bau Kotoran

Kita badan mengeluarkan bau yang sama seperti kotoran, hal ini bisa berarti kamu mengalami konstipasi. Ketika pencernaanmu mengalami masalah, kandungan zat kimia dengan bau tak sedap diproduksi dalam perut yang menyebabkan bau badan tak sedap ketika kamu akhirnya buang air. Kandungan yang sama ini juga bisa ditemui pada keringat sehingga badanmu berbau tinja.

       3.Badan Bau Pahit

Munculnya bau pahit pada badan bisa disebabkan karena kerusakan hati. Walau gejala yang umum muncul akibat kerusakan hati ini biasanya berupa masalah pencernaan, mual, serta tidak normalnya metabolisme lemak, namun tanda lain seperti bau badan yang pahit dan menusuk bisa muncul.

Bau Badan Akibat Banyak Berkeringat

       4.Bau Badan Tak Sedap Disertai Keringat Berlebih

Munculnya bau badan tak sedap disertai keringat berlebih ini bisa jadi tanda kamu mengalami hiperhidrosis. Kondisi ini menyebabkan terjadinya keringat berlebih dibanding biasanya. Munculnya banyak keringat ini biasanya disertai dengan bau badan yang juga muncul.

        5.Bau Badan Muncul Usai Hot Flash

Hot flash merupakan rasa hangat secara tiba-tiba di wajah, leher, dan dada secara mendadak. Hal ini biasanya terjadi pada saat kehamilan atau sebelum menopause serta disertai oleh munculnya keringat berlebih.

Kondisi panas yang muncul tiba-tiba ini memicu munculnya banyak keringat untuk mendinginkan tubuh. Banyaknya keringat pada tubuh ini kemudian menjadi penyebab munculnya bau badan tak sedap.

Kondisi Bau Badan Lain yang Mungkin Muncul

        6.Badan Berbau Telur Busuk

Munculnya bau badan seperti telur busuk bisa disebabkan karena konsumsi daging merah yang baru kamu lakukan. Terlalu banyak daging serta kondisi tak dapat mencernanya secara maksimal bisa memicu bau badan asam yang serupa dengan telur busuk. Hal ini terjadi karena kandungan asam amino mengandung sulfur dari daging merah.

        7.Badan Tidak Berbau

Semakin tidak kentaranya bau badan seseorang bisa menjadi tanda bahwa dia semakin tua. Sebuah penelitian mengungkap bahwa semakin bertambahnya usia seseorang, bau badan yang kuat dan tak sedap menjadi semakin berkurang.

        8.Badan Berbau Alkohol

Konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan bisa menjadi penyebab munculnya bau badan serupa alkohol ini. Hal ini terjadi karena hati tidak bisa memetabolisme minuman ini sehingga akhirnya bau tersebut dikeluarkan melalui keringat.

Ketika merasa bau badan pada tubuhmu mengalami perubahan, penting untuk menyadari kondisi kesehatanmu. Jika merasa terdapat kondisi yang tidak normal, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *