var id = "fed33c2a9876f8b1c59f2792927ebf55e352fa6b"; ?php body_class(); ?>>

Antara Rekor Gol & Sejarah Prediksi Lyon vs Bayern Munchen Liga Champions Live SCTV

0 Comments

Jadwal Liga Champions malam ini menyajikan laga semifinal, Olympique Lyon vs Bayern Munchen. Laga Lyon vs Bayern akan berlangsung di Stadion Jose Alvalede, Lisbon, Portugal, Kamis (20/8/2020) dini hari WIB. Pemenang dari laga Lyon vs Bayern nantinya akan berhadapan dengan Paris Saint Germain yang sudah lolos ke final terlebih dahulu.

PSG meraih tiket final setelah menang tiga gol tanpa balas atas RB Leipzig pada laga semifinal yang berlangsung di Stadion Da Luz, Rabu (18/8/2020) dini hari WIB. Di atas kertas, Bayern Munchen sangat diunggulkan untuk bisa mengalahkan Lyon dan lolos ke final Liga Champions. Tren performa positif sejak fase grup ataupun setelah lockdown pandemi menjadi dasar mengapa Bayern Munchen sangat diunggulkan.

Bayern Munchen sejak fase grup sampai perempat final Liga Champions masih belum terkalahkan dengan catatan menyapu bersih sembilan laga. Terkini, Bayern Munchen meraih tiket semifinal seusai menang telak 8 2 atas raksasa Spanyol, Barcelona. Torehan ke gawang Barcelona membuat Bayern Munchen kini sudah mengoleksi 39 gol di Liga Champions hanya dari sembilan laga.

Itu artinya, rata rata gol Bayern Munchen di Liga Champions musim ini mencapai 4,33 per laga. Angka itu sudah menjadi yang terbaik dalam sejarah Liga Champions melewati rekor Real Madrid yang memiliki rata rata 3,15 gol per laga pada musim 2013 2014. Agresivitas Bayern Munchen itu membuat rekor gol terbanyak dalam satu musim Liga Champions berpeluang pecah tahun ini.

Rekor itu sejauh ini masih dipegang Barcelona yang mencetak 45 gol dari 16 laga Liga Champions musim 1999 2000. Hasil laga melawan Barcelona sekaligus memperpanjang rekor 100 persen kemenangan Bayern Munchen setelah lockdown pandemi menjadi 13 pertandingan di semua kompetisi. Konsistensi itu membuat pelatih Bayern Munchen, Hans Dieter Flick, kemungkinan besar tidak banyak mengubah susunan pemain pada laga melawan Lyon.

Duo Robert Lewandowksi dan Thomas Mueller di lini depan dipastikan tetap menjadi andalan Hansi Flick. Duet itu kemungkinan besar masih akan ditopang oleh Serge Gnabry dan Ivan Perisic dari sisi sayap. Di lini tengah, Thiago Alcantara adalah pilihan terbaik yang dimiliki Hansi Flick untuk mengisi peran pengatur serangan.

Adapun komposisi kuartet di lini belakang Bayern dipastikan tetap diisi oleh Alphonso Davies, David Alaba, Jerome Boateng, dan Joshua Kimmich. Agresivitas Davies dan Kimmich dari sektor bek sayap menjadi salah satu kunci kemenangan telak Bayern Munchen atas Barcelona. Di posisi penjaga gawang, Manuer Neuer tentu tidak tergantikan karena pengalaman dan statusnya sebagai kapten Bayern Munchen.

Tren performa positif ditambah kualitas dan kedalaman skuad membuat Bayern Munchen sangat diunggulkan pada laga nanti. Meski demikian, Bayern Munchen tetap harus waspada jika tidak ingin menjadi korban ketiga Lyon. Lyon melangkah ke semifinal setelah menyingkirkan dua tim favorit juara, yakni Juventus dan Manchester City, di fase gugur.

Salah satu kunci dari keberhasilan Lyon melangkah ke semifinal adalah strategi pertahanan berlapis dengan menempatkan dua gelandang jangkar di lini tengah. Pelatih Lyon, Rudi Garcia, tercatat menggunakan empat formasi berbeda, yakni 4 3 3, 4 2 3 1, 3 5 2, dan 4 4 2 musim ini. Dari seluruh formasi yang digunakan, Rudi Garcia selalu menggunakan dua gelandang jangkar.

Rudi Garcia kemungkinan akan menggunakan skema 3 5 2 untuk meredam agresivitas lini tengah Bayern Munchen pada laga nanti. Strategi lima gelandang Rudi Garcia terbukti ampuh membuat lini depan Man City dan Juventus frustrasi. Thiago Mendes dan Maxence Caqueret adalah dua gelandang jangkar yang kemungkinan kembali menjadi tumpuan Rudi Garcia pada laga melawan Bayern Munchen.

Lyon diprediksi akan menggunakan strategi serangan balik dengan mengandalkan kecepatan duo Memphis Depay dan Karl Toko Ekambi di lini depan. Gelandang asal Perancis keturunan Aljazair, Houssem Aouar, dipastikan tetap akan diandalkan Rudi Garcia untuk mengatur aliran bola. Keberhasilan Lyon menyingkirkan tim sekelas Juventus dan Man City membuat Bayern Munchen harus berhati hati.

Selain itu, Lyon saat ini juga berambisi mencetak sejarah dengan lolos ke final Liga Champions untuk pertama kalinya. Lyon tentu juga ingin membalas memori buruk musim 2009 2010. Lyon pada musim tersebut gagal ke final Liga Champions setelah kalah agregat 0 4 dari Bayern Munchen. Laga nanti diprediksi akan berjalan ketat dengan Bayern Munchen mendominasi penguasaan bola.

Bermain bertahan dan mengandalkan serangan balik adalah cara terbaik yang bisa dilakukan Lyon untuk memperbesar peluang menang. Jika memilih bermain terbuka dan meladeni permainan Bayern Munchen, Lyon seperti akan bunuh diri karena di atas kalah kualitas pemain. Barcelona dan Chelsea menjadi bukti bahwa bermain terbuka melawan Bayern Munchen yang sedang on fire bukanlah pilihan yang bijak.

Di sisi lain, Bayern Munchen wajib mencetak gol terlebih dahulu jika tidak ingin dibuat frustrasi oleh rapatnya pertahanan Lyon. Hal itu sebelumnya sudah dirasakan Juventus dan Man City yang kewalahan menembus pertahanan Lyon saat tertinggal lebih dulu. Pencetak gol pertama pada laga Lyon vs Man City akan sangat menentukan hasil pertandingan.

Jika laga berlanjut sampai perpanjangan waktu atau adu penalti, Bayern Munchen lebih berpeluang lolos daripada Lyon. Pasalnya, Bayern memiliki banyak pemain yang bisa membuat perubahan dari bangku cadangan dan juga penendang penalti. Laga Lyon vs Man City nantinya akan disiarkan langsung oleh SCTV, Kamis (20/8/2020) pukul 02.00 WIB.

Selain itu, duel Lyon vs Bayern juga bisa disaksikan lewat layanan live streaming. Lyon (3 5 2): 1 Anthony Lopes; 5 Jason Denayer, 6 Marcelo, 20 Marçal; 14 Leo Dubois, 12 Thiago Mendes, 25 Maxence Caqueret, 8 Houssem Aouar, 27 Maxwel Cornet; 7 Memphis Depay, 21 Toko Ekambi Bayern Munchen (4 2 3 1): 1 Manuel Neuer; 32 Joshua Kimmich, 17 Jerome Boateng, 27 David Alaba, 19 Alphonso Davies; 18 Leon Goretska, 6 Thiago Alcantara; 22 Serge Gnabry, 25 Thomas Mueller, 14 Ivan Perisic; 9 Robert Lewandowski

Whoscored: Lyon 1 3 Bayern Munchen Sky Sports: Lyon 1 2 Bayern Munchen Evening Standard: Lyon 1 3 Bayern Munchen Kompas.com: Lyon 2 2


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *