Sayit witha Article

Blog Sayit witha

Apakah kamu sedang mencari produk asuransi jiwa terbaik? Sebelum kamu memutuskan mana asuransi jiwa Indonesia yang cocok dengan kebutuhan dan profil kamu, kamu harus mencari tahu lebih dalam mengenai asuransi jiwa dan apa saja yang bisa ditanggung oleh asuransi jiwa terlebih dahulu.

Asuransi jiwa adalah program perlindungan dalam bentuk pengalihan risiko ekonomis atas meninggal atau musibah (celaka) seseorang yang dipertanggungkan. Asuransi jiwa sering dianalogikan sebagai payung ketika kamu meninggalkan rumah atau pelampung di kapal maupun pesawat udara. Payung tersebut bertugas untuk melindungi kamu dari hujan atau panas, sementara pelampung berguna untuk melindungi kamu bila kapal atau pesawat mengalami disfungsi mesin yang kejadiannya tak diinginkan oleh siapa pun namun bisa terjadi kapan pun. Untuk itulah, perlindungan jiwa hadir agar kebutuhan ekonomi tidak terganggu akibat risiko yang mungkin menimpa pemilik polis. Lantas, manfaat apa saja sih yang bisa di-cover oleh asuransi jiwa?

  1. Pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari. Biaya kebutuhan sehari-hari menurut situs Policygenius.com meliputi tagihan bulanan meliputi pembayaran listrik atau air, kebutuhan belanja pokok, dan lain sebagainya.
  2. Utang. Utang KPR, kartu kredit, ataupun utang yang diperuntukkan untuk pembiayaan sekolah anak pemegang polis bisa ditanggung oleh perusahaan asuransi selama klausal polis memperbolehkannya.
  3. Pembiayaan anak atau pembiayaan diri sendiri. Manfaat satu ini meliputi pembiayaan yang diberikan untuk pengurusan anak di tempat penitipan anak (daycare) ataupun perawat diri sendiri apabila pasangan berhalangan.
  4. Pembiayaan kematian. Tak banyak orang yang menyadari bahwa meninggal pun membutuhkan ‘modal’. Jika pemiliki polis meninggal dunia karena risiko yang tercantum dalam polis, maka keluarga yang bersangkutan berhak menerima manfaat berupa pembiayaan pemakaman pemilik polis.
  5. Pembiayaan kuliah. Manfaat satu ini dapat diberikan untuk membiayai kuliah suami/istri ataupun anak dari pemilik polis yang meninggal dunia atas risiko seperti lanjut usia, serangan jantung, penyakit kanker, kecelakaan, dan lainnya yang ada dalam perjanjian kerja sama.

Semua manfaat di atas dapat kamu peroleh dengan syarat-syarat berupa namun tak terbatas pada:

  1. Polis tidak kedaluwarsa. Polis asuransi akan terus aktif apabila kamu selalu membayar premi di tiap bulannya. Jika ternyata polis kamu kedaluwarsa, maka kamu akan kehilangan manfaat dari asuransi jiwa milikmu.
  2. Tidak berbohong. Jika pada awal pembuatan polis asuransi jiwa kamu melakukan kecurangan dengan berbohong, maka perusahaan asuransi jiwa bisa membatalkan kebijakan ketika kamu masih dalam keadaan hidup, menolak, atau mengurangi klaim yang bisa diperoleh ketika kamu mengalami risiko nantinya.
  3. Melakukan kegiatan kriminalitas. Jika kamu meninggal dunia dalam keadaan sedang atau pernah melakukan kejahatan, perusahaan asuransi jiwa tidak akan membayarkan manfaat yang sudah disepakati dalam polismu.
  4. Beberapa pengecualian. Bagi para pencinta olahraga ekstrem seperti sky diving, misalnya, perusahaan asuransi jiwa akan memasukannya ke dalam hal yang dikecualikan. Maksudnya, bila kamu meninggal dunia karena sedang melakukan kegiatan sky diving atau yang berhubungan dengan kegiatan sky diving, manfaat tidak akan diberikan.

Itu dia ulasan singkat tentang tanggungan serta syarat dari asuransi jiwa. Semoga artikel ini bisa membantu kamu yang sedang mencari informasi mengenai asuransi jiwa, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *