BREAKING NEWS: Istana Presiden Ikut Terendam Banjir

0 Comments

Istana Kepresidenan turut tergenang air setelah hujan deras yang mengguyur Kbu Kota. Kondisi sejumlah titik yang tergenang di Istana dibagikan oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung lewat beberapa foto dan video di grup WhatsApp wartawan. "Istana Banjir," kata Pramono Anung lewat pesan singkat, Selasa (25/2/2020) pagi seperti dikutip dari

Dalam foto yang dibagikan Pramono, terlihat adanya genangan di Masjid Baiturrahim yang terletak persis di samping Istana Merdeka. Selain itu, air juga menggenang di dekat wisma negara. Dalam video, terlihat air setinggi mata kaki petugas kebersihan. "Video dan foto dari petugas Istana," kata Pramono.

Video dan foto itu diambil pada Selasa subuh. Namun, pada Selasa pagi ini air sudah surut. "Tidak ada lagi genangan, ini sekitar pukul 07.00 WIB," kata Deputi bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin sambil membagikan foto terbaru kondisi Istana. Genangan air juga terjadi di Jalan Medan Merdeka Barat.

Genangan di kawasan Medan Merdeka terjadi karena limpasan air dari pintu air Manggarai. Hal ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Juaini Yusuf. Katanya bukan cuma depan Istana Negara yang tergenang, tapi juga beberapa kawasan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

"Depan istana genangan sudah mulai surut. Jalan Medan Merdeka tergenang karena pintu Manggarai sudah limpas," ungkap Juaini saat dihubungi, Selasa (25/2/2020) pagi. Namun saat ini banjir di depan Istana dilaporkan sudah mulai surut. Kawasan Medan Merdeka Barat yang juga sebelumnya diketahui tergenang air sudah secara perlahan surut.

Adapun pintu air Istiqlal ketinggiannya menyentuh 360 cm alias berstatus siaga I per pukul 06.00 WIB pagi tadi. Sementara pintu air Manggarai saat ini berstatus siaga II per pukul 08.00 WIB, dengan ketinggian muka air mencapai 945 cm dari normal 750 cm. Kawasan Bundaran HI yang sebelumnya juga digenangi air, sudah surut dan arus lalu lintas kembali ramai lancar.

"Bundaran HI terpantau genangan sudah surut lalin ramai lancar," pungkas Juaini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *