var id = "fed33c2a9876f8b1c59f2792927ebf55e352fa6b"; ?php body_class(); ?>>

Harganya Mencapai Rp 343 Miliar NASA Luncurkan Toilet Baru menuju Stasiun Luar Angkasa

0 Comments

Traveler tentu tak pernah memikirkan tentang kegiatan sehari hari yang harus dilakukan astronot di Stasiun Luar Angkasa (ISS). Berada di ISS, tentu membuat para astronot untuk melakukan sejumlah kegiatan, termasuk pergi ke kamar mandi. Oleh karena itu, NASA terus mengembangkan sistem toilet di ISS agar para astronot dapat dengan mudah menggunakannya.

Menurut Space.com , NASA berharap untuk meningkatkan teknologi kamar mandi pada misi masa depan dengan mengirimkan sistem toilet baru senilai 23 juta dolar atau sekira Rp 343 miliar ke ISS. Pergi ke kamar mandi sudah sejak lama menjadi situasi yang rumit di luar angkasa, sampai sampai NASA meluncurkan kampanye crowdsourcing untuk mencari desain toilet baru pada bulan Juni lalu. Sistem toilet baru yang dikenal sebagai Universal Waste Management System (UWMS) terbuat dari titanium dan juga 65 persen lebih kecil dan 40 persen lebih ringan dari toilet saat ini di ISS, seperti dilaporlan Space.com .

Sistem baru tersebut dianggap sebagai perbaikan dari sistem toilet yang kini digunakan di ISS. "Toilet itu dirancang untuk eksplorasi dan dibangun di atas desain toilet luar angkasa sebelumnya," kata manajer proyek Advanced Exploration Systems Logistics Reduction NASA, Melissa McKinley dalam sebuah pernyataan. "Kunci besar bagian eksplorasi desain ini adalah berusaha mengoptimalkan volume massa dan penggunaan daya, yang semuanya merupakan komponen yang sangat penting dari desain pesawat ruang angkasa."

Desain baru ini akan secara khusus dipertimbangkan untuk misi masa depan ke Mars atau bulan, lapor Space.com. Setelah toilet mencapai ISS, astronot akan menguji cara kerja toilet di lingkungan stasiun tersebut. Ini akan dipasang di samping sistem limbah saat ini yang terletak di Node 3.

Astronot mendapatkan semua jenis produk yang dikirim kepada mereka untuk diuji di luar angkasa, termasuk oven dan adonan kue . Selain itu, adapula toilet termasuk saluran urin dan tempat duduk yang dirancang khusus anggota kru wanita. Hal ini tentu sangat penting untuk misi di masa depan, mengingat NASA berniat mendaratkan wanita pertama di Bulan pada 2024.

Toilet akan dikirim ke stasiun melalui kapsul kargo Northrop Grumman Cygnus pada 29 September, sebagai bagian dari misi pengisian ulang.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *