Sayit witha Article

Blog Sayit witha

Ketahui Hal Penting Ini Sebelum Melunasi Cicilan Kredit Lebih Awal

Ketahui Hal Penting Ini Sebelum Melunasi Cicilan Kredit Lebih Awal

Pernahkah terpikirkan oleh Anda untuk melunasi cicilan mobil Mitsubishi atau kendaraan apa pun sebelum jatuh tempo? Pastinya pernah! Ya, banyak memang yang memikirkan peluang tersebut karena berbagai alasan. Misalnya, sedang mendapatkan rezeki lebih dan cukup untuk melunasi cicilan mobil dari https://www.dipostar.com/sedang Anda gunakan.

Namun, sebelum Anda melakukannya ada baiknya jika mempertimbangkan berbagai hal terlebih dahulu agar tidak menyesal nantinya. Apa saja kah itu?

  • Penalti kredit
Quickenloans – “penalti kredit atau prepayment loan adalah biaya yang dibebankan jika pelunasan kredit dilakukan lebih awal.

Namun, bukan berarti adanya penalti ini akan membuat total nilai yang harus Anda bayarkan jadi jauh lebih besar. Untuk mengetahui untung ruginya, Anda harus melakukan perbandingan terlebih dahulu selisih antara melunasi lebih awal dengan melunasi hingga akhir.
Nominal penalti ini dihitung berdasarkan persentase dari sisa pokok pinjaman. Artinya, semakin besar sisa pokok pinjaman atau semakin cepat Anda melunasi hutang, maka akan semakin besar pula nilai penalti kredit yang harus dibayar.

  • Skor kredit

Apakah Anda berencana untuk mengajukan pinjaman dengan nominal yang lebih besar dari kredit mobil tersebut? Jika iya, maka ada baiknya Anda bersabar dan melunasi kredit mobil hingga akhir tenor kredit. Sebab, pelunasan di awal justru akan membuat skor kredit Anda menjadi kurang baik.

Misalnya saja Anda berencana untuk mengajukan kredit pemilikan rumah beberapa tahun mendatang, skor kredit akan menjadi salah satu faktor penentu apakah pengajuan kredit akan diterima atau ditolak. Dan kredit mobil yang saat ini sedang berjalan, akan sangat membantu Anda membangun skor tersebut.

Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah kebutuhan Anda saat ini. Sebelum menggunakan dana tersebut untuk melunasi kredit,

cobalah untuk membuat analisa kebutuhan keuangan selama beberapa waktu kedepan. Mungkin saja setelah melakukan analisa, Anda jadi menemukan adanya kebutuhan lain yang lebih urgent dan membutuhkan dana tersebut. Jika Anda sudah terlanjur menggunakannya untuk pelunasan kredit, maka Anda harus mencari sumber dana lain untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kan?

Memang, melunasi kredit lebih awal terlihat menguntungkan. Namun tetap harus dipikirkan baik buruknya sebelum melakukan hal tersebut. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*