Sayit witha Article

Blog Sayit witha

Selain punya penciuman yang tajam, tahukah kamu kalau kucing kesayangan yang dipelihara di rumah juga punya indera pendengaran yang nggak kalah powerful? Nggak heran jika kucing bisa membedakan mana langkah kaki pemiliknya bahkan dari kejauhan sebelum benar-benar melihatnya. Nggak heran kalau kucing sering dianggap hewan peliharaan yang ‘sakral’. Tapi, seperti apa sih fakta tentang pendengaran kucing dari segi ilmiah? Yuk, kepoin dulu di sini!

Nggak Bisa Mendengarkan Apapun Hingga Berusia 2 Minggu

Tahukah kamu saat kucing baru dilahirkan, mereka ternyata tidak bisa mendengarkan apapun. Pendengaran kucing baru terbentuk secara perlahan dan berfungsi saat menginjak usia 2 minggu. Ketika pendengarannya sudah bekerja efektif, kucing mampu mendengarkan suara hingga 65 ribu cycles per detik, sementara itu manusia hanya sekitar 20 ribu cycles per detik.

Telinga Kucing Berfungsi Sebagai Penjaga Keseimbangannya

Jauh di dalam telinga kucing kesayangan, terdapat sebuah ringga yang berisi cairan dan dibatasi oleh garis rambut tipis. Cairan tang bergerak menuju rambut ini memiliki peran untuk memberikan perintah kepada otak di area mana kucing akan bergerak. Bagian lainnya berfungsi untuk mentransmisikan informasi ke area mana kucing akan bergerak. Sistem pendengaran kucing ini juga yang berperan menjaga keseimbangan tubuhnya dan menjaga kakinya agar tetap tegak berdiri, sekalipun saat terjatuh.

Mood Kucing Bisa Dilihat dari Telinganya

Kadang kucing menyenangkan sampai bikin gemas. Tapi suatu hari tiba-tiba ia malah jadi galak. Duh, sebel tapi sayang kan jadinya. Nah, tahu nggak kalau telinga kucing ternyata bisa menunjukkan seperti apa mood-nya saat ini lho. Hal ini disebabkan di dalam telinga kucing terdapat 32 otot tubuh yang bisa berfungsi sebagai pemancar sinyal dari mood apapun yang dihadapi kucing.

Misalnya nih, telinga kucing yang mendatar di kepalanya bisa jadi tanda bahwa mereka sedang berada dalam situasi yang nggak nyaman dan takut. Telinga yang terlihat tegak bisa menandakan kalau kucing sedang merasa terganggu oleh hal yang kamu lakukan, atau bisa jadi mereka sedang berusaha mencari tahu asal dari suara yang sedang didengarkan.

Telinga Kucing Bisa Bergerak Hingga 180 Derajat

Kucing punya telinga panjang dan lancip ke atas yang sering disebut Pinna. Uniknya, telinga ini bisa berputar hingga 180 derajat lho. Bukan tanpa alasan kucing melakukan hal tersebut. Hal ini dilakukan agar ia bisa menangkap suara jauh tanpa harus menggerakkan wajahnya. Inilah yang membuat kucing menjadi pemburu yang hebat, bahkan ia bisa mendengar suara tikus dari jarak sekitar 30 meter.

Bisa Mendengarkan Suara Saat Sedang Tertidur Nyenyak

Tahu nggak sih kalau kucing tetap bisa mendengar bahkan saat sedang tertidur nyenyak? Saat dalam kondisi tidur, telinga kucing tetap bergerak-gerak yang menandakan kalau kucing bisa mendengarkan suara. Hal ini yang membuat kucing jadi salah satu hewan istimewa dengan pendengaran super.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *