Sayit witha Article

Blog Sayit witha

Cara Membuat Bubur Ayam Bandung

Cara Membuat Bubur Ayam Bandung

Nafsu makan menurun karena perubahan cuaca? Enaknya menyantap makanan hangat yang terasa ringan di lidah. Bubur ayam misalnya.

Nah, kali ini sayitwitharticles.com berbagi resep bubur ayam Bandung yang gurih dan nikmat. Selamat mencoba di rumah!

Bahan (untuk 4 porsi):
  • 100 gram beras
  • 1,5 liter air
  • 1 lembar daun salam
  • 1 sendok teh garam halus
Bahan Kuah:
  • 65 ml santan
  • 2 gelas air matang1 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun salam
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 ruas lengkuas, memarkan
  • minyak goreng secukupnya
Bumbu Halus:
  • 1 butir kemiri
  • 4 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1 ruas kunyit
Pelengkap:
  • 200 gram ayam
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 1 batang daun seledri, iris halus
  • bawang goreng secukupnya
  • kacang kedelai goreng secukupnya
Sambal:
  • 6-7 buah cabai rawit, rebus dan haluskan
Cara Membuat Bubur Ayam Bandung:
  • Cuci bersih beras, lalu masak dengan air, daun salam, dan sedikit garam hingga lunak dan air menyusut. Lama waktu memasak kira-kira satu jam. Segera angkat dari kompor jika sudah matang.
  • Selagi menunggu bubur masak, cuci bersih ayam. Rebus hingga matang, kemudian tiriskan.
  • Goreng ayam hingga permukaannya kering, kemudian suwir-suwir.
  • Panaskan sedikit minyak goreng, kemudian tumis bumbu halus bersama daun jeruk, salam, serai, dan lengkuas.
  • Jika bumbu sudah harum, masukkan santan dan air. Masak hingga mendidih.

Sajikan bubur ayam hangat di mangkuk. Sajikan bersama kuah dan pelengkap-pelengkapnya.

Kucing Ternyata Punya Pendengaran Super Power Berikut Fakta Unik tentang Telinga Kucing

Selain punya penciuman yang tajam, tahukah kamu kalau kucing kesayangan yang dipelihara di rumah juga punya indera pendengaran yang nggak kalah powerful? Nggak heran jika kucing bisa membedakan mana langkah kaki pemiliknya bahkan dari kejauhan sebelum benar-benar melihatnya. Nggak heran kalau kucing sering dianggap hewan peliharaan yang ‘sakral’. Tapi, seperti apa sih fakta tentang pendengaran kucing dari segi ilmiah? Yuk, kepoin dulu di sini!

Nggak Bisa Mendengarkan Apapun Hingga Berusia 2 Minggu

Tahukah kamu saat kucing baru dilahirkan, mereka ternyata tidak bisa mendengarkan apapun. Pendengaran kucing baru terbentuk secara perlahan dan berfungsi saat menginjak usia 2 minggu. Ketika pendengarannya sudah bekerja efektif, kucing mampu mendengarkan suara hingga 65 ribu cycles per detik, sementara itu manusia hanya sekitar 20 ribu cycles per detik.

Telinga Kucing Berfungsi Sebagai Penjaga Keseimbangannya

Jauh di dalam telinga kucing kesayangan, terdapat sebuah ringga yang berisi cairan dan dibatasi oleh garis rambut tipis. Cairan tang bergerak menuju rambut ini memiliki peran untuk memberikan perintah kepada otak di area mana kucing akan bergerak. Bagian lainnya berfungsi untuk mentransmisikan informasi ke area mana kucing akan bergerak. Sistem pendengaran kucing ini juga yang berperan menjaga keseimbangan tubuhnya dan menjaga kakinya agar tetap tegak berdiri, sekalipun saat terjatuh.

Mood Kucing Bisa Dilihat dari Telinganya

Kadang kucing menyenangkan sampai bikin gemas. Tapi suatu hari tiba-tiba ia malah jadi galak. Duh, sebel tapi sayang kan jadinya. Nah, tahu nggak kalau telinga kucing ternyata bisa menunjukkan seperti apa mood-nya saat ini lho. Hal ini disebabkan di dalam telinga kucing terdapat 32 otot tubuh yang bisa berfungsi sebagai pemancar sinyal dari mood apapun yang dihadapi kucing.

Misalnya nih, telinga kucing yang mendatar di kepalanya bisa jadi tanda bahwa mereka sedang berada dalam situasi yang nggak nyaman dan takut. Telinga yang terlihat tegak bisa menandakan kalau kucing sedang merasa terganggu oleh hal yang kamu lakukan, atau bisa jadi mereka sedang berusaha mencari tahu asal dari suara yang sedang didengarkan.

Telinga Kucing Bisa Bergerak Hingga 180 Derajat

Kucing punya telinga panjang dan lancip ke atas yang sering disebut Pinna. Uniknya, telinga ini bisa berputar hingga 180 derajat lho. Bukan tanpa alasan kucing melakukan hal tersebut. Hal ini dilakukan agar ia bisa menangkap suara jauh tanpa harus menggerakkan wajahnya. Inilah yang membuat kucing menjadi pemburu yang hebat, bahkan ia bisa mendengar suara tikus dari jarak sekitar 30 meter.

Bisa Mendengarkan Suara Saat Sedang Tertidur Nyenyak

Tahu nggak sih kalau kucing tetap bisa mendengar bahkan saat sedang tertidur nyenyak? Saat dalam kondisi tidur, telinga kucing tetap bergerak-gerak yang menandakan kalau kucing bisa mendengarkan suara. Hal ini yang membuat kucing jadi salah satu hewan istimewa dengan pendengaran super.

Mengenal Manfaat dan Efek Samping Vaksin Corona

Vaksin Corona kini menjadi hal yang sedang diupayakan oleh pemerintah. Baik pembuatan di perusahaan farmasi di negeri ini atau pun mengambil vaksin dari negara lain yang telah mendapatkan uji klinis hingga tahap akhir dan dinyatakan aman untuk digunakan.

Pemerintah melalui kementerian kesehatan sedang mengupayakan jalannya vaksin dari luar ke Indonesia. Hal itu mencakup proses pengadaan vaksin, persiapan penyuntikan, hingga pelaksanaan vaksinasi yang akan dilakukan pada awal tahun 2021 masyarakat.

Sayangnya, di Indonesia sendiri vaksin penanganan virus Corona ini masih menjadi perdebatan di masyarakat. Dimana, tak semua lapisan masyarakat menerima adanya vaksin tersebut untuk pencegahan dan pengobatan terhadap virus Covid-19. Ada berbagai faktor yang menyebabkan penolakan terhadap vaksin Covid-19.

Terlepas dari penolakan maupun penerimaan masyarakat, perlu diketahui bahwa selain memiliki manfaat, vaksin untuk penanganan virus Corona ini juga memiliki efek samping setelah disuntikkan ke dalam tubuh.

Manfaat Vaksin Corona

Beberapa pakar vaksin menyatakan bahwa vaksin Corona memiliki manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan efek samping yang ditimbulkannya. Dr. Dirga Sakti Rambe M.Sc, Sp.PD selaku salah satu pakar vaksin juga mengatakan bahwa efek samping setelah vaksinasi atau yang disebut dengan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) tergolong ringan dan hanya berlangsung satu hari setelah disuntikkan ke dalam tubuh.

Sementara, manfaat yang ditimbulkannya lebih besar dan sangat penting bagi kondisi tubuh di saat pandemi seperti saat ini. Ahli Virus yang juga menjabat sebagai Direktur Utama RS Unair, Prof Dr dr Nasronudin SpPD K-PTI FINASIM menyatakan bahwa vaksin dapat merangsang sel tubuh manusia dan mencegah masuknya virus ke dalam tubuh.

Dengan kata lain, vaksin berguna untuk meningkatkan kekebalan atau imunitas dengan cara merangsang atau menginduksi sel tubuh manusia. Hal itu tentunya akan membuat tubuh manusia kebal dan bisa menanggulangi virus SARS-CoV-2 yang masuk ke dalam tubuh.

Efek Samping Vaksin Corona

Sama halnya dengan jenis vaksin lainnya, di balik manfaat yang diberikan, vaksin Corona juga dapat menimbulkan efek samping setelah dilakukannya vaksinasi terhadap tubuh manusia. Efek samping yang ditimbulkan berbeda pada setiap individu, mulai dari ringan hingga berat. Hal itu bisa dikarenakan oleh beberapa faktor, seperti kondisi tubuh yang kurang baik saat vaksinasi.

Hingga saat ini pun, vaksin untuk penanganan virus Covid-19 masih dilakukan uji klinis hingga dinyatakan aman untuk digunakan. Meski hasilnya nanti dinyatakan aman, tetapi setiap obat-obatan tetap memiliki efek samping yang dapat mengganggu kesehatan individu yang mendapat suntikan.

Adapun beberapa efek samping yang ditimbulkan pasca vaksinasi virus corona yaitu sebagai berikut:

  • Demam ringan
  • Nyeri atau kemerahan pada area penyuntikan vaksin
  • Kelelahan
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot dan sendi di area suntikan

Efek samping di atas tergolong efek samping ringan yang ditimbulkan oleh setiap jenis vaksin, termasuk vaksin Covid-19. Hal itu menandakan tubuh telah menerima vaksin dan sedang membentuk imunitas atas virus Corona. Namun, hal itu tentunya membuat Anda merasa tidak nyaman. Untuk itu, Anda perlu melakukan beberapa hal seperti lebih banyak mengonsumsi air putih dan obat pereda nyeri sesuai anjuran dokter.

Untuk mendapatkan info lebih lanjut mengenai efek samping dan apa yang harus dilakukan jika Anda mengalaminya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter yang kompeten melalui konsultasi online di aplikasi atau pun website Halodoc.

Aplikasi dan website Halodoc merupakan perusahaan digital berbasis kesehatan yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan informasi terkait rumah sakit, obat, dan lainnya. Di sana terdapat beberapa fitur untuk memudahkan Anda mendapatkan solusi yang diinginkan.

Demikian artikel mengenai manfaat dan efek samping yang ditimbulkan dari vaksin Corona. Semoga bermanfaat.

Bayar Pakai GoPay & ShopeePay Lebih Murah Promo JSM Alfamart Periode 18 – 20 Desember 2020

Promo JSM alias Jumat Sabtu Minggu dari Alfamart untuk periode 18 20 Desember 2020. Melalui promo ini, Alfamart memberikan penawaran menarik untuk sejumlah produk yang hadir setiap akhir bulan. Beragamdiskonuntuk produk kebutuhan sehari hari dapat dilihat melalui katalog yang akan dibahas di artikel.

Mulai dari kebutuhan pokok, kebutuhan dapur, kebutuhan anak, dan kebutuhan sehari hari lainnya. Pembayaran menggunakan Kredit BNI 1) Berlaku untuk Kartu Kredit BNI (kecuali Kartu Kredit BNI Silver, Co Branding, iB Hasanah)

2) Minimal Transaksi Rp 150.000/Struk kecuali item di atas 3) Berlaku di pulau Jawa Pembayaran menggunakan GoPay :

*Khusus pembayaran dengan GoPay disertai belanja minimal Rp. 10.000, *Tidak termasuk susu bayi dibawah 1 tahun dan rokok. Pembayaran menggunakan ShopeePay :

1) Khusus pembayaran di tempat menggunakan ShopeePay 2) Minimal Transaksi Rp 10.000 (Tidak termasik susu bayi dibawah 1 tahun dan rokok) 3) Harga berlaku untuk 1 barang/transaksi/struk (tidak berlaku kelipatan).

4) Maksimal 5 kali transaksi/Pengguna/Periode Pembayaran menggunakan Tapcash : 1) Minimal Transaksi Rp 50.000/Struk Kecuali Produk Promo BNI

2) Tidak Berlaku Kelipatan Alfamart Beras Sentra pulen 5 Kg Rp 57.900 (Jambi, Medan, Pekanbaru, Kalimantan & Batam Rp 60.500)/ (tanpa gopay) dan Rp 56. 900 (Jambi, Medan, Pekanbaru, Kalimantan & Batam Rp 59.500)/ (dengan gopay) Sedaap mie Korean s soup 77 g s ckn 87 g Rp 11.500/ 5 pcs atau Rp 10.500/ 5 pcs dengan gopay

Dua kelinci kacang kulit 200 g Rp 15.800 atau Rp 14.800 dengan gopay Nescafe café latte, original, mocha coffe can 240 ml Rp 12.900/ 2pcs Fruit tea pet 500 ml Beli 2 gratis 1 atau Beli 2 gratis 1 + potongan Rp 1.000 dengan gopay

Alfamart facial tissue frozen II 200 s Rp 11.900 atau Rp 9.900 dengan gopay Clear Shampoo ice cool menthol, comp soft care 320 ml Rp 28.500 atau Rp 26.500 dengan gopay Easy liquid det romantic, blossom ref 800 ml Rp 13.900 (Diluar Jawa & Bli Rp 14.900) atau Rp 11.900 (Luar Jawa & Bali Rp 12.900) dengan gopay

Bimoli minyak goreng 2 L Rp 25.500 (wilayah Kalimantan & Lombok Rp 26.200, Sulawesi Rp 25.900, Batam Rp 23.900) atau cashback koin shopee Rp 1.500. Nescafe 200 ml Rp 8.000/2 pcs atau Rp 6.000/ 2 pcs dengan ShopeePay Close Up pasta gigi menthol fresh 160 g Rp 12.500 atau Cashback koin shopee Rp 3.000

Sunsilk shampoo soft & smooth, black shine 340 ml Rp 25.900 atau Rp 23.900 Shinzu’I body wash ref 420/450 ml Rp 17.900 atau Rp 14.900 dengan ShopeePay AXE DS dark, gol temptation, harumkan Indonesia 150 ml Rp 24.500 atau Rp 21.500 dengan ShopeePay

Dove women roll on original ultimate white 40 ml Sedaap Kecap kedelai hitam 550 ml Rp 17.500 atau Rp 13.500 dengan kartu BNI Kororo grape jelly candy muscat jelly candi 40 g Rp 11.900 atau Rp 7.900 dengan kartu BNI

Merries pants good skin M22, L20, XL 16, S26 Rp 39.900 atau Rp 35.900 dengan kartu BNI Biore mens facial foa 100 g Rp 19.900 atau Rp 15.900 dengan kartu BNI Sania beras premium 5 kg Rp 58.500 (Jambi, Medan, Pekanbaru, Kalimantan & Batam Rp 61.000) atau Rp 53.500 (Jambi, Medan, Pekanbaru, Kalimantan & Batam Rp 56.000) dengan BNI tapcash

Classic wafer chocolate 350 g Rp 18.000 atau Rp 13.000 dengan BNI tapcash Kodomo b. wipes bogof [ink, blues 50 s Rp 12.500 atau Rp 7.500 dengan BNI tapcash Pond’s ff P white pollution white beauty 100 g Rp 19.900 atau Rp 14.900 dengan BNI tapcash

Tictac 90 g Beli 2 gratis 1 Indomie mie goreng 75g 91g Rp 11.800/ 5 pcs Pikopi 9×20 g Rp 10.000/ 3 pcs

Biskuit roma ATB Rp 4.900 Baygon anti nyamuk Lalat & Kecoa 600 ml Rp 26.900

Anak Mereka Pun Tak Mengenalinya Inul Daratista Sebut Adam Suseno Jelek Tanpa Kumis

Foto Adam Suseno, suami penyanyi Inul Daratista, dengan penampilan barunya tanpa kumis beredar di media sosial. Padahal, kumis bisa dikatakan sudah jadi identitas Adam Suseno selama ini. Makanya, foto tersebut viral lantaran Adan Suseno cukur kumis. Inul Daratista buka suara. Ia mengaku tidak mengetahui suaminya melakukan itu, meski unggahan pertama foto Adam tanpa kumis muncul pertama kali di postingan instagramnya.

"Saya enggak tahu. Karena mas Adam lagi ke rumah orangtuanya di Surabaya sejak Jumat lalu," kata Inul Daratista ketika ditemui di gedung Trans TV, Jalan Kapten Tendean, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jumat (18/12/2020). Inul mengaku foto Adam tanpa kumis yang diunggah ke instagramnya diposting oleh manajemen, bukan dirinya sendiri. "Makanya nih mas Adam lagi dijalan pulang. Saya pengin tahu benar apa enggak," ucapnya.

Namun tetap saja, foto tersebut diakui wanita berusoa 41 tahun itu membuatnya sangat kaget dan tidak menyangka, Adam berani mencukur kumisnya. "Kagetlah, kayak cuprit gitu jelek. Ya saya marahlah," ungkapnya. Bukan dirinya saja yang kaget, pemilik 'Goyang Ngebor' itu mengakui bahwa anaknya, Yusuf Ivander Damares juga kaget melihat foto Adam tanpa kumis.

"Anaknya aja marah marah semalam, 'papa enggak pulang pulang. Apa ini kumisnya jelek enggak dipasang lagi. Kalau sampai dicukur bukan papa lagi' gitu," jelasnya. Lebih lanjut, Inul Daratista masih ingin melihat kebenarannya terlebih dahulu apakah benar Adam Suseno mencukur habis kumisnya atau tidak. "Lihat nanti deh ya," ujar Inul Dararista.