Sayit witha Article

Blog Sayit witha

Kaki berbentuk O dalam istilah medis disebut genu varum yang umum terjadi pada bayi dan balita. Biasanya, kaki berbentuk O tidak membahayakan serta tidak membutuhkan penanganan sebab akan membaik ketika anak mencapai usia 12 – 18 tahun.

Kaki O atau disebut juga bowlegs yaitu kondisi saat kedua tungkai seperti melengkung ke luar, sehingga menyerupai huruf O ketika anak berdiri. Kondisi tersebut akan membaik dengan sendirinya. Akan tetapi, kaki dengan bentuk O tersebut harus diperbaiki jika anak sulit berdiri.

Namun jika kondisi tersebut menyebabkan rasa sakit pada anak hingga lemas, lunglai, dan kaki bengkok maka harus diperiksa ke dokter. Apalagi jika sudah  berusia dua tahun keadaannya tidak membaik, mungkin disebabkan adanya penyakit atau ada masalah bagian tungkainya.

Mengenal Penyebab Kaki Bentuk O pada Anak

Apabila Anda melihat ada yang tidak beres pada kaki anak maka harus waspada. Misalnya lutut terlalu menjorok ke samping dan tidak bisa berdiri dengan baik karena berbentuk O. Anda harus mengetahui penyebab kaki bentuk O tersebut.

Masa pertumbuhan

Setiap anak mempunyai masa pertumbuhan dan perkembangannya sendiri, tetapi tidak sama pada setiap bagian tubuhnya. Seperti kondisi kaki yang berbentuk O bisa berangsur-angsur normal sampai usia 2 tahun.

Penyakit Blount

Penyakit blount umumnya terjadi pada anak dan remaja. Penyakit ini disebabkan karena keabnormalan pada pertumbuhan lempeng atas tulang kering. Walaupun begitu sulit mendiagnosis apakah anak blount atau bentuk kaki O biasa. Gejala tersebut akan terlihat ketika anak beranjak remaja dengan kondisi kaki tidak berangsur normal.

 

Rakhitis

Rakhitis disebabkan kurang nutrisi pada anak, terutama yang sangat penting untuk pertumbuhan tulang. Misalnya kalsium, vitamin D, dan fosfor.

Osteoarthritis

Kaki dengan bentuk O tidak hanya menyerang pada anak. Namun bentuk kaki ini bisa menyerang orang dewasa bahkan oleh lansia. Mereka tentu mempunyai penyebab berbeda. Orang dewasa atau lansia biasanya disebabkan osteoarthritis yang mengikis tulang sekitar persendian lutut dan tulang rawan pada kaki.

Cara Memperbaiki Kaki Bentuk O pada anak

Setelah Anda mengetahui penyebab kaki berbentuk O pada anak maka harus segera mengobatinya agar segera normal kembali. Berikut ini cara menangani kaki dengan bentuk O menurut forum kesehatan :

Bedah Osteotomy

Bedah osteotomy yaitu memotong tulang lutut, kemudian dibentuk kembali dengan postur yang benar. Bedah ini membutuhkan biaya yang banyak dan pemulihan lama.

Metode Terapi

Terapi biasanya, dikerjakan oleh terapis profesional bagi penderita kaki O yang masih berusia anak-anak.  Mereka dilatih meluruskan kaki, lalu membungkuk sampai dada dan lutut bertemu. Sedangkan pada penderita dewasa hasilnya tidak signifikan.

Olahraga

Dalam forum kesehatan untuk memperbaiki kaki O yaitu dengan olahraga. Ada latihan olahraga yang bisa memperbaiki kondisi tulang kaki bengkok. Olahraga yang dimaksud yaitu olahraga kelenturan. Lakukan dengan fokus yang tinggi.

Pilates

Gerakan pilates mau mirip dengan yoga. Manfaatnya adalah membantu untuk memperbaiki postur tubuh dan keselarasan tubuh. Latihan pilates seperti Balerina dan melakukan  roll up. Yakni untuk memperkuat otot kaki.

Latihannya yaitu, berbaring pada matras dengan kaki sejajar, lalu sit up tanpa posisi melepas posisi kaki yang sejajar. Gerakan ini untuk melatih daerah lutut ke bawah agar normal kembali.

Bentuk kaki O pada bayi adalah masih dianggap normal, namun apabila menjelang usia 2 tahun tidak ada perbaikan maka harus diperiksa ke dokter. Dalam forum kesehatan, kaki dengan bentuk O lebih dini diperiksa maka akan lebih cepat diketahui penyebabnya dan cara mengobatinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *