var id = "fed33c2a9876f8b1c59f2792927ebf55e352fa6b"; ?php body_class(); ?>>

Sidang Tahunan MPR 2020 Siap Digelar

0 Comments

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) siap menggelar Sidang Tahunan MPR tahun 2020 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (14/8/2020). Sidang Tahunan MPR kali ini akan menerapkan protokol kesehatan Covid 19 yang ketat. "Kita sudah melakukan geladi bersama sama dan juga dengan Sekretariat Negara. Jadi, intinya kita sudah mempersiapkan tata cara persidangan, dan sudah siap untuk melakukan Sidang Tahunan MPR," kata Sekjen MPR RI Maruf Cahyono, di Jakarta, Kamis (13/8/2020).

Secara teknis, Sidang Tahunan MPR 2020 akan menerapkan protokol kesehatan Covid 19, misalnya membatasi jumlah anggota MPR yang hadir hingga menjaga jarak aman. Maruf menjelaskan, dari kapasitas ruang sidang Paripurna sekitar seribu orang, akan ada kurang lebih 300 orang yang akan hadir secara fisik di ruangan. "Sidang Tahunan MPR tetap digelar di Gedung Nusantara. Namun karena kondisi Covid 19, dalam Sidang Tahunan ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Karena harus menjaga jarak maka tidak semua anggota MPR dan undangan bisa hadir. Tidak seperti di masa normal. Sekarang ini sangat terbatas," ucapnya.

Sidang Tahunan MPR dihadiri Presiden dan Wakil Presiden, dan sejumlah menteri dan pimpinan lembaga negara. Untuk memenuhi ketentuan protokol kesehatan Covid 19, lanjut Maruf, hanya perwakilan dari fraksi dan DPD serta tamu undangan yang bisa menghadiri Sidang Tahunan MPR. "Sehingga dalam ruang sidang harus memenuhi protokol Covid 19 dengan social distancing. Jadi, di dalam ruang sidang jaga jarak benar benar diperhatikan," katanya.

Selain itu, juga disediakan tempat untuk mencuci tangan di area menuju Gedung Nusantara. Para peserta sidang juga diminta selalu memperhatikan protokol kesehatan dengan memakai masker. "Nanti semuanya akan disiapkan karena protokol covid itu harus disipin. Ini juga akan steril disinfektan semua termasuk juga ada hand sanitizer, penggunaan masker," ujarnya.

Maruf menambahkan, bagi anggota MPR yang tak bisa menghadiri Sidang Tahunan MPR bisa mengikuti sidang secara virtual melalui zoom meeting. Sidang Tahunan MPR juga bisa disaksikan melalui siaran televisi maupun siaran langsung di Youtube. "Meskipun ini dalam keterbatasan dan kesederhanaan tapi esensi dari sidang sidang itu bisa sampai kepada masyarakat luas," katanya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *