Terungkap Arti Maria Eleanor, Nama Baru Pesinetron Lidya Pratiwi Setelah Bebas dari Penjara

0 Comments

Pemain sinetron Lidya Pratiwi mengganti namanya menjadi Maria Eleanor setelah bebas dari penjara. Lidya Pratiwi belakangan ini memang kembali ramai diperbincangkan publik. Pemain sinetron Indonesia ini terlibat kasus pembunuhan kekasihnya.

Kasus pembunuhan yang melibatkan Lidya Pratiwi sempat menggemparkan publik belasan tahun silam. Kini Lidya Pratiwi telah bebas murni. Ia sebelumnya telah bebas bersyarat dari Lapas Kelas IIA Wanita Tangerang, sejak 2013.

Selama menjalani masa tahanan, Lidya Pratiwi mendapatkan remisi sebanyak 30 bulan. Pada 24 November 2018, status bebas bersyarat Lidya Pratiwi sudah habis dan sekarang dia sudah dinyatakan bebas murni. Setelah bebas dari penjara, diam diam Lidya Pratiwi mengganti namanya menjadi Maria Eleanor.

Hal ini diketahui dari Juru Bicara Pengadilan Negeri Barat, Eko Ariyanto. Eko Ariyanto membenarkan Lidya Pratiwi telah mengganti nama sejak 2013 lalu. "Jadi informasi dia pernah mengajukan permohonan ganti nama tahun 2013, dari namaLidyaPratiwimenjadi namaMariaEleanor," ungkap Eko.

Eko mengatakan, saat ituLidyaPratiwimengajukan permohonanmenggantinamadatang seorang diri. Dalam bahasa Jerman, Maria memilikiartinamabenci terhadap kesedihan. Sementara dalam bahasa Perancis berarti Duka.

Berbeda dari kedua negara tersebut, di Indonesiaartinamamaria adalah setia, keteguhan, kebijaksanaan, pengaruh dan kekuasaan. Eleanor biasanya digunakan untuk nama bayi perempuan. Nama Eleanor memiliki arti cahaya atau sinar.

Nama Eleanor juga berasal dari Arab. Dalam bahasa Arab, Eleanor memiliki arti bahasa lain. Artinya Tuhan adalah penerang jalanku.

Elenaor juga populer dalam bahasa Yunani, yakni terang atau cahaya. Eko mengatakan Lidyamenggantinamanya menjadi Maria karena sudah tidak cocok dengan nama lamanya. Pergantian nama Lidya menjadiMariaEleanoritu pun sempat memunculkan spekulasi kembali memeluk agamanya semula.

Sementara diketahui pesinteron terkenal 90 an ini adalah seorang mualaf. Meski begitu, alasan secara jelas perjalanan Lidyamenggantinamanya belum diketahui secara pasti. Pasalnya, setelah bebas Lidya tampak menghilang dan menghindari muncul ke publik.

Lidya Pratiwi dulunya adalahpesinetronterkenal pada era 2000 an. Lidya pernah menjadi salah satu pemain sinetron Ande Ande Lumut yang ditayangkan di salah satu statiun televisi setiap Senin pukul 19.00 WIB. NamaLidyaPratiwisemakin naik daun di dunia hiburan lantaran menjadi pemeran Jinny, jin di dalam sinetron Untung Ada Jinny.

Untung Ada Jinny merupakan versi terbaru dari sinetron Jinny Oh Jinny. Kariernya hancur setelah terlibat kasus pembunuhan pacarnya Naek Gonggom Hutagalung. Karier yang dibangun perempuan kelahiran Jakarta pada14 Januari 1987 itu hancur seketika.

Kala itu terlibat kasus pembunuhan pacarnya itu Lidya baru berumur 19 tahun. Lidya tidak membunuh Naek secara langsung tapi ia ikut terlibat dalam aksi tersebut. Mengutip dari berbagai sumber, pada 2006, Naek dibunuh di sebuah cottage.

Kasus pembunuhan itu melibatkan paman dan ibu Lidya, Tony Yusuf dan Vince Yusuf serta satpam yang bernama Ade Sukardi. April 2006, Lidya dan Naek jalan jalan di Plaza Senayan. Setelah itu, keduanya kemudian memutuskan untuk menginap di sebuah cottage di Putri Duyung, Ancol.

Lokasi tersebut sudah dipersiapkan pihak Lidya. Setibanya di cottage, Ade sukardi langsung menyerang Naek. Tony Yusuf menodongkan pisau ke korban.

Naek diikat dan dompetserta kartu ATM nya diambil. Pelaku juga sempat menanyakan nomor PIN. Lidya pura pura tidak tahu apa apa diseret keluar cottage. Ia dijemput Vince Yusuf menggunakan taksi.

Setelah mengambil seluruh uang Naek. Paman Lidya dan Ade Sukardi kembali ke cottage dan menghabisi nyawa Naek. Paman Lidya takut aksi mereka ketahuan dan membahayakan karier Lidya. KeterlibatanLidyaPratiwidalam kasus ini bahwa dia mengetahui rencana pembunuhan tetapi tidak berusaha mencegahnya.

Lidya Pratiwi divonis kurunganpenjaraselama 14 tahun dengan dikenai pasal berlapis, yakni Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana dan Pasal 365 KUHP tentang Pencurian dengan Kekerasan. Lidya Pratiwi telahbebasbersyarat dari Lapas Kelas IIA Wanita Tangerang, sejak 2013.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *